Membuat Pembangkit Listrik Tenaga Surya Sederhana -->

Translate

Membuat Pembangkit Listrik Tenaga Surya Sederhana


Membuat pembangkit listrik tenaga surya itu tak serumit yang kita bayangkan jika hanya sebagai sumber untuk menyalakan radio mini atau sekedar buat charger hp selama perjalanan atau listrik lagi mati atau bisa untuk mengisi powerbank. Tapi mungkin harus bersabar karena untuk mencharger hp yang keluaran sekarang membutuhkan amper yang tinggi sedangkan sel surya pada gambar ini mungkin hanya bisa mensuplay 200mA saja itupun jika ditaruh dibawah sinar matahari yang terik.

Tapi mungkin dayanya bisa dilipatgandakan jika kita memasangnya secara paralel. Untuk paralelnya aku belum coba karena duitku tidak cukup untuk beli solar cellnya. sebenarnya murah sih harganya cuman uangnya tak beliin kopi hehehe

Bila ada teman teman yang sudah mencoba merakitnya monggo dishare kita berbagi pengalaman. agar nantinya bisa dipraktek kan sama teman teman yang lain.


Pada rangkaian ini selsurya bisa menghasilkan output tegangan sebesar 6 volt yang fotonya bisa anda lihat pada halaman ini. sedang kan outputnya juga dipengaruhi oleh intensitas cahaya matahari yang diterimanya. Semakin terik sinar matahari maka akan menghasilkan daya semakin kuat. Jika diukur dalam keadaan tanpa beban output walaupun sinar matahari lemahpun tegangan output pun tetap bisa mencapai 6 volt  namun jika kita beri beban pada outputnya maka tegangan akan drop. Namun apabila kita letakkan dibawah sinar matahari maka daya akan semakin kuat. 


Untuk mengisi daya pada charger hp saya sarankan untuk memasang modul stepup yang sudah dijual juga jika anda males buatnya. Fungsi modul ini untuk menjaga kesetabilan tegangan output yang disebabkan oleh perubahan intensitas sinar matahari karena adanya awan yang sering melintas menutupi matahari sehingga tegangan outputnya agar selalu mendekati ukuran yang sama.

Akan lebih baik lagi jika output panel surya ini anda sambungkan dengan baterai power bang
k. Ini akan lebih baik lagi.

Untuk gambar skema dan contoh rakitannya silakan lihat gabar berikut ini.




Out put bisa digunakan untuk charger HP atau peralatan elektronik lain yang menggunakan catu daya 5 volt DC. Fungsi B1 sebagai penyetabil dan penyimpan arus dari solar cell. Karena intensitas sinar matahari sangat berpengaruh dengan output tegangan pada solarcellnya. Misal langit kurang cerah banyak gumpalan awan yang melintas menutupi matahari sehingga menyebabkan arus output drop


SEMUA ISI  ADALAH  HASIL KUMPULAN PENCARIAN DAN BEBERAPA SUMBER MEDIA BUKU MAJALAH DLL, KAMI TIDAK BERTANGGUNG JAWAB ATAS KEGAGALAN YANG DISEBABKAN OLEH GAMBAR YANG DIMUAT DI BLOG INI.