Skema Pengisi Daya Baterai Asam Timbal Tersegel (SLA) 12V -->

Translate

Skema Pengisi Daya Baterai Asam Timbal Tersegel (SLA) 12V



Transistor daya Q1 dan Q2 dipasang sebagai pengatur seri untuk mengontrol tegangan keluaran pengisi daya baterai dan laju arus pengisian. Regulator tegangan LM-317 yang dapat disesuaikan menyuplai sinyal penggerak ke basis transistor daya Q1 dan Q2. Potensiometer R9 mengatur level tegangan keluaran. 

Resistor pengambilan arus sampel, R8 (satuan 0,1 ohm/5W), dihubungkan antara kabel keluaran negatif dan sirkuit ground. Untuk setiap amp arus pengisian yang mengalir melalui R8, keluaran 100mV dikembangkan melaluinya. Tegangan yang dikembangkan pada R8 diumpankan ke satu masukan komparator U3. 

Input komparator lainnya dihubungkan ke resistor variabel R10. Ketika tegangan pengisian baterai mulai turun, arus yang melalui R8 berkurang. Kemudian pin pengumpan tegangan 5 U3 diturunkan, dan keluaran komparator mengikutinya, mematikan kembali Q3, yang melengkapi jalur melingkar sinyal untuk mengatur arus pengisian baterai. Arus pengisian dapat diatur dengan mengatur R10 untuk arus yang diinginkan.Itu sebabnya baterai 12 V memiliki 6 sel. Pengisi daya ini menggunakan parameter berikut:

Arus pengisian daya harus sekitar 0,1 kali kapasitas baterai. Jadi baterai 10 Ah harus diisi dengan arus 1A (10 x 0,1 = 1). Hal ini membantu memastikan masa pakai baterai.
Tegangan pengisian daya adalah 2,45V per sel = 14,7V
Tegangan pengisian daya mengambang adalah 2,275V per sel = 13,65V

Cara Kerja Pengisi Daya Baterai Asam Timbal Tersegel (SLA) 12V

Baterai dua tahap ini pengisi daya berfungsi sebagai berikut:
1. sebuah langkah Pengisian dimulai dengan batas arus maksimum. Tegangan terminal baterai meningkat secara bertahap hingga mencapai tegangan yang ditetapkan oleh regulator.
2. sebuah langkah Ketika baterai terisi penuh, arus mulai berkurang. Saat arus pengisian daya turun menjadi sekitar 140mA (lihat nanti), tegangan regulasi turun ke batas aman sehingga baterai dapat terus beroperasi tanpa batas waktu.
.
.

SEMUA ISI  ADALAH  HASIL KUMPULAN PENCARIAN DAN BEBERAPA SUMBER MEDIA BUKU MAJALAH DLL, KAMI TIDAK BERTANGGUNG JAWAB ATAS KEGAGALAN YANG DISEBABKAN OLEH GAMBAR YANG DIMUAT DI BLOG INI.