Inilah Cara Membuat Skema VU Meter 60 DB yang Efektif -->

Translate

Inilah Cara Membuat Skema VU Meter 60 DB yang Efektif



Hampir setiap jenis audio adalah analog, dengan rentang dinamis lebih dari 60 dB pada batas alaminya yang tidak ditemukan bahkan dalam siaran digital. Rentang dinamis ini menggambarkan perbedaan antara sinyal audio terkuat dan terlemah yang dapat dihasilkan oleh perangkat audio. Rentang dinamis yang luas memungkinkan audio untuk memiliki kualitas suara yang lebih baik dan lebih detail.

Sebuah komponen penting dalam mengukur rentang dinamis audio adalah VU meter. VU meter adalah alat yang digunakan untuk mengukur tingkat sinyal audio dengan rentang dinamis hingga 60 dB. VU meter biasanya digunakan dalam rekaman musik dan produksi audio untuk memantau dan mengatur tingkat volume. VU meter yang dihadirkan disini dirancang agar sinyal audio dapat diukur secara dinamis hingga 60 dB, sehingga memungkinkan untuk mendeteksi perbedaan volume yang sangat halus.

Sinyal audio yang diukur oleh VU meter diambil langsung dari terminal speaker amplifier. Dinamika sinyal tersebut linier pada frekuensi 3 dB, yang berarti bahwa perubahan volume suara akan ditampilkan secara proporsional oleh LED yang ada pada VU meter. Dengan 20 LED yang menampilkan tingkat volume secara visual, pengguna dapat dengan mudah melihat dan memonitor perubahan volume suara.

Sirkuit VU meter ini merupakan sirkuit independen yang dirancang untuk menggunakan catu daya terpisah. Selain berfungsi untuk pengukuran, VU meter ini juga memiliki fungsi dekoratif yang menarik perhatian. Ketika sinyal audio mengalir, LED pada VU meter akan menyala dan mati seiring dengan suara, menciptakan tampilan visual yang menarik dan menarik perhatian pengguna.

IC LM3915 merupakan komponen utama dalam VU meter ini. IC ini diproduksi oleh National dan memiliki fungsi utama untuk mengukur tegangan input dan mengubahnya menjadi tampilan visual yang dapat dilihat oleh pengguna. Dengan bantuan IC LM3915, VU meter ini dapat mengukur rentang dinamis audio hingga 60 dB dengan akurat dan memberikan informasi visual yang berguna bagi pengguna.

Dalam kesimpulannya, Hampir setiap jenis audio adalah analog dengan rentang dinamis lebih dari 60 dB yang tidak ditemukan dalam siaran digital. VU meter adalah alat penting yang digunakan untuk mengukur tingkat sinyal audio dengan rentang dinamis yang luas. VU meter yang dihadirkan disini dirancang agar sinyal audio dapat diukur secara dinamis hingga 60 dB, menggunakan IC LM3915 untuk mengkonversi sinyal audio menjadi tampilan visual yang menarik. Dengan menggunakan VU meter ini, pengguna dapat dengan mudah memantau dan mengatur tingkat volume audio dengan akurat. 

Bahan:
Resistor:.
R1 = 2k7.
R2 = 10rb.
R3 = 680 Ohm.
R4 = 22 K.
R5 = 820 ohm.
R6 = 2K2.
R7 = 22 Ohm.
P1 = 100 ohm.
Kapasitor:
C1 = 1 ?f/63 volt.
C2, C6 = 10?f/25 volt.
C4 = 2N2 (lihat teks).
C3, C7, C9 = 100nF.
C5 = 22nF.
Semikonduktor:
CI 1, CI 2 = LM3915N (Nasional).
CI3 = LM7805.
D1 hingga D20 = LED arus rendah dengan warna pilihan.
D21 = 1N4001.
Lagi:.
S1 = saklar dua kutub 

SEMUA ISI  ADALAH  HASIL KUMPULAN PENCARIAN DAN BEBERAPA SUMBER MEDIA BUKU MAJALAH DLL, KAMI TIDAK BERTANGGUNG JAWAB ATAS KEGAGALAN YANG DISEBABKAN OLEH GAMBAR YANG DIMUAT DI BLOG INI.