Regulator Tegangan LM317 -->

Translate

Regulator Tegangan LM317

Ini adalah jenis regulator tegangan linier-positif yang digunakan untuk pengaturan tegangan, yang ditemukan oleh Robert C. Dobkin dan Robert J. Widlar ketika mereka bekerja di National Semiconductor pada tahun 1970. Ini adalah regulator tegangan bertegangan tiga terminal dan mudah digunakan karena untuk mengatur tegangan output hanya membutuhkan dua resistor eksternal dalam rangkaian regulator tegangan LM317. Ini terutama digunakan untuk peraturan lokal dan kartu. Jika kita menghubungkan resistor tetap antara output dan penyesuaian regulator LM317, maka rangkaian LM317 dapat digunakan sebagai regulator arus yang tepat.
Sirkuit Regulator Tegangan LM317
Tiga terminal adalah pin input, pin output dan pin penyesuaian. Sirkuit LM317 ditunjukkan pada gambar di bawah ini pada konfigurasi y dari diagram sirkuit regulator tegangan LM317 termasuk kapasitor decoupling. Sirkuit LM317 ini mampu memberikan catu daya DC variabel dengan output 1A dan dapat disesuaikan hingga 30V. Rangkaian terdiri dari resistor sisi rendah dan resistor sisi tinggi yang terhubung secara seri membentuk pembagi tegangan resistif yang merupakan rangkaian linier pasif yang digunakan untuk menghasilkan tegangan output yang merupakan sebagian kecil dari tegangan inputnya.
Kapasitor decoupling digunakan untuk decoupling atau untuk mencegah kopling yang tidak diinginkan dari satu bagian dari rangkaian listrik dari bagian lain. Untuk menghindari efek noise yang disebabkan oleh beberapa elemen rangkaian terhadap elemen-elemen yang tersisa dari sirkuit, kapasitor decoupling dalam rangkaian digunakan untuk mengatasi kebisingan input dan transien keluaran. Unit pendingin digunakan dengan sirkuit untuk menghindari komponen menjadi terlalu panas karena disipasi daya yang lebih besar.
Fitur Regulator Tegangan LM317
Ada beberapa fitur khusus dari regulator LM317 dan beberapa adalah sebagai berikut:
Itu mampu memberikan kelebihan arus 1,5A, maka secara konseptual dianggap sebagai penguat operasional dengan tegangan output mulai dari 1,2V ke 37V.
Rangkaian regulator tegangan LM317 secara internal terdiri dari perlindungan panas berlebih dan arus hubung singkat yang konstan dengan temperatur.
Ini tersedia dalam dua paket sebagai Paket Transistor 3-Lead dan permukaan mount D2PAK-3.
Stok banyak tegangan tetap dapat dihilangkan.
Bekerja Sirkuit Regulator Tegangan LM317
Regulator LM317 dapat memberikan kelebihan arus keluaran dan karenanya dengan kapasitas ini, secara konseptual dianggap sebagai penguat operasional . Pin penyesuaian adalah input pembalik amplifier dan untuk menghasilkan tegangan referensi stabil sebesar 1,25V, tegangan referensi celah pita internal digunakan untuk mengatur input non-pembalik.
Tegangan pin keluaran dapat secara terus menerus disesuaikan ke jumlah yang tetap menggunakan pembagi tegangan-resistif antara output dan arde, yang akan mengonfigurasi penguat operasional sebagai penguat non-pembalik.
Tegangan referensi celah pita digunakan untuk menghasilkan tegangan keluaran konstan terlepas dari perubahan daya pasokan. Ini juga disebut sebagai tegangan referensi suhu independen yang sering digunakan dalam sirkuit terintegrasi.
Tegangan output (idealnya) dari rangkaian regulator tegangan LM317
Vout = Vref * (1+ (RL / RH))
Istilah kesalahan ditambahkan karena beberapa arus diam mengalir dari pin penyesuaian perangkat.
Vout = Vref * (1+ (RL / RH)) + IQR
Untuk mencapai hasil yang lebih stabil, diagram rangkaian regulator tegangan LM317 dirancang sedemikian rupa untuk membikin arus diam tak lebih dari bisa juga sama dengan 100 mikro Ampere. Dengan demikian, dalam semua permasalahan praktis kesalahan bisa diabaikan.
Jika kami mengganti resistor segi rendah pembagi dari diagram rangkaian regulator tegangan LM317 dengan beban, maka konfigurasi regulator LM317 yang dihasilkan bakal mengatur arus berubah beban. Oleh itu disebabkan karena itu, rangkaian LM317 ini bisa diperlakukan sebagai Sirkuit Regulator Lancar LM317.



Arus keluaran adalah penurunan tegangan dari tegangan referensi melintasi resistansi RH dan diberikan sebagai
Arus keluaran dalam kasus ideal adalah
Iout = Vref / RH
Mempertimbangkan arus diam, arus keluaran diberikan sebagai
Iout = (Vref / RH) + IQ
Regulator tegangan linier LM317 dan LM337 ini sering digunakan dalam aplikasi konverter DC-DC . Regulator linier secara alami menarik banyak arus saat mereka suplai. Daya yang dihasilkan karena penggandaan arus ini dengan perbedaan tegangan antara input dan output akan hilang dan terbuang sebagai panas.
Karena itu, panas diperlukan untuk dipertimbangkan untuk desain yang signifikan dan mengarah pada ketidakefisienan. Jika perbedaan tegangan meningkat, maka daya yang terbuang akan meningkat dan kadang-kadang daya buangan yang dihamburkan ini akan lebih dari daya yang disediakan.
Meskipun ini tidak signifikan, tetapi karena regulator tegangan linier dengan beberapa komponen tambahan adalah cara sederhana untuk mendapatkan tegangan stabil, maka, kita harus menerima pertukaran ini. Regulator tegangan switching adalah alternatif untuk regulator linier ini karena regulator switching ini umumnya lebih efisien, tetapi mereka membutuhkan lebih banyak komponen untuk dirancang dan karenanya membutuhkan lebih banyak ruang.

SEMUA ISI  ADALAH  HASIL KUMPULAN PENCARIAN DAN BEBERAPA SUMBER MEDIA BUKU MAJALAH DLL, KAMI TIDAK BERTANGGUNG JAWAB ATAS KEGAGALAN YANG DISEBABKAN OLEH GAMBAR YANG DIMUAT DI BLOG INI.