Alarm Dengan sensor PIR menggunakan 8.051 dengan alert SMS -->

Translate

Alarm Dengan sensor PIR menggunakan 8.051 dengan alert SMS



Sensor alarm berbasis sensor PIR dengan peringatan SMS.
Proyek ini adalah tentang alarm pencuri berbasis sensor PIR dengan peringatan SMS. Sirkuit ini merasakan adanya gangguan menggunakan sensor PIR dan mengirimkan SMS ke nomor ponsel saat terjadi gangguan. Jumlah intrusi yang terjadi juga ditampilkan pada layar LCD. Sebuah mikrokontroler 8051 digunakan untuk memantau sensor PIR dan mengirim pesan peringatan menggunakan modul GSM. Alarm juga dinaikkan saat terjadi gangguan.

Sensor PIR.

Sensor PIR berarti sensor inframerah pasif. Ini digunakan untuk mendeteksi dan mengukur radiasi IR (infra red) yang dipancarkan dari sumber. Dengar sensor PIR adalah inti sensor yang terbuat dari bahan piroelektrik seperti Gallium Nitrida. Mereka sederhana menghasilkan keluaran listrik sesuai dengan intensitas radiasi IR yang jatuh di atasnya. Dalam kebanyakan kasus, array dari sensor seperti itu digunakan untuk memperbaiki deteksi. Banyak Fresnel Lensa yang tersusun dalam bentuk kubah adalah tempat pada wajah sensor hingga fokus sebanyak radiasi IR ke permukaan sensor. Jika terjadi gerakan di depan sensor PIR, intensitas radiasi IR jatuh pada perubahan sensor PIR dan sensor sensor keluar dari sensor. Sirkuit elektronik di dalam sensor mendeteksi variasi ini dan menarik pin output sensor PIR HIGH untuk suatu saat. Biasanya pin output ditarik TINGGI selama 3 sampai 4 detik. Baca artikel iniAntarmuka sensor PIR ke 8.051 .

Modul GSM.

GSM (Global Systems fro Mobile communication) Modul adalah perangkat yang dapat menerima kartu SIM dan beroperasi dalam jaringan GSM. Modul GSM dapat melakukan berbagai tugas di jaringan seperti mengirim pesan, menerima pesan, memutar nomor telepon, menerima panggilan, mengirim dan menerima pesan suara, mengirim media digital, dll. Dengan kata sederhana, modul GSM dapat melakukan tugas apa pun yang didukung. oleh modul itu sendiri dan penyedia layanan jaringan. Jaringan sebenarnya melihat modul GSM seperti ponsel. Aplikasi umum modul GSM adalah perangkat peranti peranti, sistem pesan, sistem surat suara, sistem FAX dll.

Modul GSM berkomunikasi dengan 8.051 menggunakan komunikasi serial. Tx pin dari modul GSM terhubung ke pin Rx pin mikrokontroler (pin10) dan Rx dari modul GSM yang terhubung ke pin Tx dari mikrokontroler. Pin output dari sensor PIR terhubung ke P3.5 dari mikrokontroler. Pin data (D0 sampai D7) dari modul LCD dihubungkan ke Port 0 dari mikrokontroler. Setiap pin Port 0 ditarik menggunakan jaringan resistor 10K x 8. Port 0 dari 8051 adalah saluran terbuka dan tidak memiliki resistor pull up internal. Jadi kita membutuhkan resistor pull-up eksternal agar bisa bekerja dengan baik sebagai pin output. Pin kontrol (RS, RW dan E) dari modul LCD dihubungkan ke P2.7, P2.6 dan P2.5 dari mikrokontroler masing-masing. Modul LCD yang kita gunakan disini adalah JHD162A. Baca artikel ini, Interfacing modul LCD ke 8.051. Resistor R4 digunakan untuk mengatur kontras layar. Resistor R5 membatasi arus melalui lampu LED belakang display.

Saklar tombol tekan S2, kapasitor C11 dan resistor R6 dihubungkan dengan rangkaian reset. Capacitor C11 digunakan untuk memantulkan tombol tekan. C11 benar-benar melewati getaran yang dihasilkan saat tombol tekan ditekan. Jika C11 tidak digunakan, mikrokontroler akan membaca semua getaran sebagai penekanan tombol dan sistem akan melakukan multiples ulang. Kristal X1 dan kapasitor C8, C10 dihubungkan dengan sirkuit jam. Tingkat baud yang digunakan untuk komunikasi serial dalam proyek ini adalah 9600. Jadi kristal harus tepat 11.0592 MHz untuk mendapatkan baud rate ini.

Port 2.0 dari mikrokontroler digunakan untuk mengendalikan alarm. P2.0 terhubung ke transistor Q1 melalui resistor R7. R7 membatasi arus basis Q1. Resistor R0 (10K) digunakan untuk menarik P2.0 pin. Relay terhubung di kolektor Q1. D5 adalah dioda freewheeling. Ini dengan-melewati ggl belakang yang dihasilkan saat relay dinyalakan. Jika free-wheeling tidak dilakukan, ggl belakang bisa menghancurkan transistor atau bahkan mikrokontroler. Bel 12V terhubung melalui kontak relay yang biasanya terbuka.

Program.


Catatan.

  • Modul GSM yang tersedia di pasaran hadir dengan berbagai tegangan suplai seperti 12V, 9V, 5V, dll. Modul yang saya gunakan di sini beroperasi pada 12V DC. Jadi pastikan modul GSM Anda beroperasi pada voltase suplai yang benar.
  • Pastikan semua jalur dasar (modul GSM. Modul sensor PIR dan bagian sirkuit lainnya) disingkat menjadi satu.

SEMUA ISI  ADALAH  HASIL KUMPULAN PENCARIAN DAN BEBERAPA SUMBER MEDIA BUKU MAJALAH DLL, KAMI TIDAK BERTANGGUNG JAWAB ATAS KEGAGALAN YANG DISEBABKAN OLEH GAMBAR YANG DIMUAT DI BLOG INI.