AUTOMATIC AA NiCad CHARGER -->

Translate

AUTOMATIC AA NiCad CHARGER

Baterai isi ulang yang sangat populer untuk digunakan di segala macam perangkat, terutama yang membutuhkan arus tinggi. 

Jenis yang paling umum dari sel adalah AA atau senter dan meskipun ribuan telah dijual, ada sangat sedikit pengisi murah untuk menjaga mereka dalam kondisi prima.

Kebanyakan dari mereka hanya biaya mereka pada tingkat yang lambat dan tidak pernah mematikan - Anda harus ingat. Pengisian sel lebih lama dari yang diperlukan mengurangi hidupnya jadi penting untuk menghentikan operasi pengisian ketika waktunya tiba. 

Untuk mengatasi masalah ini kami telah merancang sebuah charger otomatis untuk mengisi sejumlah sel AA, dari 1 sampai 8 dan mematikan ketika sel dibebankan.

best aa nicad charger nicad charger circuit nicad charger schematic



9v nimh battery charger circuit diagram, 18v nicd battery charger circuit diagram, automatic nicd battery charger circuit diagram, simple nimh battery charger circuit diagram, aa nimh battery charger circuit diagram, circuit for nicd battery charger,


nicd battery charger circuit, nickel cadmium battery charger circuit diagram, nickel cadmium battery charger circuit, nimh battery charger circuit, nicd battery charger circuit diagram, nimh battery charger circuit diagram, nimh battery charger circuit lm317, nimh battery charger circuit schematic, nimh battery charger circuit with cutoff, nicd battery charger circuit design, nickel cadmium battery charging circuit, 12v nicd battery charger circuit diagram,


Baterai isi ulang yang sangat populer untuk digunakan di segala macam perangkat, terutama yang membutuhkan arus tinggi.

Jenis yang paling umum dari sel adalah AA atau senter dan meskipun ribuan telah dijual, ada sangat sedikit pengisi murah untuk menjaga mereka dalam kondisi prima.

Kebanyakan dari mereka hanya biaya mereka pada tingkat yang lambat dan tidak pernah mematikan - Anda harus ingat. Pengisian sel lebih lama dari yang diperlukan mengurangi hidupnya jadi penting untuk menghentikan operasi pengisian ketika waktunya tiba.

Untuk mengatasi masalah ini kami telah merancang sebuah charger otomatis untuk mengisi sejumlah sel AA, dari 1 sampai 8 dan mematikan daya ketika sel dibebankan.

Ketika merancang proyek ini kita mengasumsikan dua hal:
1. Pengguna hanya akan pengisian sel AA, dan
2. Sel-sel akan hampir benar-benar habis.

Hal ini biasanya akan terjadi karena kebanyakan NiCads digunakan sampai peralatan mulai goyah, seperti mobil mainan akan lambat atau radio mulai mendistorsi. Ini adalah ketika sel-sel harus dibuang dan diisi ulang seperti itu merupakan indikasi bahwa salah satu sel telah mencapai titik debit lengkap dan penggunaan lebih lanjut akan memungkinkan arus mengalir melalui sel dalam arah sebaliknya dan merusaknya.
Semua diskusi kita dalam artikel ini akan berkonsentrasi pada sel AA sebagai pengisi dirancang khusus untuk jenis sel.

Namun sel C dapat diisi, hanya dengan pengisian mereka pada tingkat 5 jam untuk dua siklus lengkap. Hanya melepaskan dan kembali menghubungkan-saat pertama 5 jam waktu habis

Hal ini membuat rangkaian sederhana dan mencegah kemungkinan overcharging dari salah satu sel, jika Anda bergantian pengisian AA dan sel C.
Saat ini ada dua jenis sel NiCad AA di pasar.

Kapasitas ampere-jam sel gaya lama adalah 450mAHr. Beberapa dari mereka adalah 500mAHr, 550mAHr atau 600mAHr.

Sel AA baru yang 1.1AHr atau 1.2AHr. Untungnya, sebagian besar sel memiliki rating amp jam pada mereka dan ini akan membantu Anda mengatur biaya-tingkat dan / atau waktu.

Hal pertama yang Anda tidak bisa lakukan adalah menggabungkan sel gaya lama dengan gaya baru. Jika Anda melakukannya, Anda akan baik over-charge yang lama-gaya atau hanya sebagian biaya yang baru. 

Menempel satu jenis sel pada suatu waktu dan pilih waktu dan biaya-tingkat yang Anda butuhkan.
Jika Anda berniat untuk mengisi sel-sel 1.2Ahr, kami telah menambahkan dua komponen pada diagram sirkuit untuk mengubah arus pengisian ke 90mA selama 14 jam untuk melayani jenis sel. Ini terdiri dari resistor 12R dan beralih slide yang dapat dipasang pada bagian atas kotak dan diberi label 600mAHr ketika di satu posisi dan 1.2AHr di posisi lain. Kami belum tersedia fasilitas quick charge untuk sel 1.2AHr.
Bukannya menambahkan switch ini, Anda hanya dapat memberi mereka tiga siklus di 5 jam-tingkat atau dua siklus pada tingkat 14 jam.

Kami telah disamakan semua sel gaya lama dalam satu kategori sebagai perbedaan antara sel 450mAHr dan 600mAHr akan sangat kecil sejauh pengisian yang bersangkutan dan digunakan Anda tidak akan mendeteksi perbedaan karena Anda akan jarang dapat menggunakan semua energi dalam sel.

Kapasitas penuh dari sel 450mAHr atau 600mAHr hanya diperoleh ketika sel dibuang dalam kondisi laboratorium yang cukup rendah seperti 10 - 15mA. Kebanyakan mainan dan radio luangkan waktu 2 - 30 kali lebih dari ini dan kapasitas amp-jam yang Anda dapatkan dari sel jatuh jauh lancar-demand meningkat.
Setiap sel dan setiap kondisi berbeda tetapi Anda dapat dengan mudah mengurangi kapasitas Amp-jam untuk 200 - 300mAHr jika Anda menggunakannya dalam sesuatu yang membutuhkan 200 - 300mA.

Itulah mengapa Anda hanya mendapatkan kehidupan satu atau dua jam (atau bahkan kurang) dari satu set sel saat Anda menggunakan mereka dalam mainan seperti mobil remote control.
Namun 1.1 dan 1.2AHr sel akan memberikan dua kali energi dari sel gaya lama, di bawah kondisi yang sama.

Tidak peduli jenis sel yang Anda pilih, biaya powering mainan kinerja tinggi akan turun jauh dengan menggunakan jenis isi ulang.
Dan dengan charger ini Anda dapat menjaga mereka terisi penuh tanpa atas atau di bawah pengisian.
Untuk mendapatkan kinerja keluar terbaik dari sel dapat diisi ulang Anda harus ingat empat hal:

1. Sel tidak boleh ditinggalkan dalam keadaan tak bermuatan,
2. Mereka tidak harus ditagih berlebihan,
3. Mereka tidak harus benar-benar habis (tegangan sel harus tetap berada di atas 1V) dan
4. Mereka tidak harus dibuang di lebih dari 500mA (untuk lebih dari beberapa detik).

Penyalahgunaan aturan ini akan mengurangi kapasitas sel. NiCads (dan semua variasi mereka bersekutu erat) juga memiliki karakteristik yang tidak biasa lain yang mengurangi kapasitas. Ini disebut "memori." 
Jika Anda mengisi ulang sel yang hanya mengatakan 25% habis, sel akan berpikir kapasitas baru hanya 25% dari nilai sebenarnya. Dengan demikian Anda hanya akan bisa mendapatkan 25% energi sebelum sel mulai goyah.

Ini berarti sangat penting untuk hampir sepenuhnya debit sel sebelum memulai proses pengisian.
Beberapa sel-sel baru tidak memiliki ini "memori" masalah tapi biaya mereka saat ini lebih dari dua kali sel gaya yang lebih tua - sehingga, itu pepatah lama: Anda mendapatkan apa yang Anda bayar. 

Proyek ini akan memungkinkan Anda untuk merawat sel AA dan bahkan meremajakan beberapa dari mereka yang telah dihasilkan memori. Jika sel dengan memori habis sepenuhnya dan dibebankan sepenuhnya, selama beberapa siklus, kinerja yang buruk dapat ditingkatkan dan beberapa dapat dikembalikan ke kapasitas penuh dekat. Ada perangkat lain, disebut Zapper NiCad, yang akan meremajakan beberapa sel-sel yang telah mengembangkan kesalahan internal, seperti pendek, yang mencegah dari menerima biaya. Sekarang kembali ke sirkuit kami.

BAGAIMANA CARA KERJANYA

Jantung dari rangkaian tersebut adalah sebuah chip 4541 waktu. Ia memiliki built-in osilator yang hanya membutuhkan dua komponen eksternal untuk waktu. Sebuah rantai enam belas pembagi binary di dalam chip ini mampu menghasilkan sebuah divisi dari 65.536. Dengan ini kita bisa menghasilkan penundaan waktu yang sangat lama dengan membuat jam internal dari chip osilator frekuensi rendah dan menggunakannya untuk jam rantai pembagi.

Fitur lain dari proyek ini adalah konstan-arus sirkuit pengisian yang memungkinkan Anda untuk menyesuaikan sejumlah sel, hingga 8, di pemegang pengisian. Beberapa pengisi hanya menerima 1,2 atau 4 sel pada suatu waktu saat kita akan menerima sejumlah menyediakan bagian yang tidak terpakai dari pemegang terhubung dengan memimpin jumper untuk membuat jalan pengisian lengkap. 

BC 547 dan BC 557 di charger otomatis mendeteksi ketika baterai telah dipasang ke sirkuit dan mengaktifkan chip 4541 waktu. Hijau "Mengisi" LED akan menyala untuk menunjukkan baterai sedang diisi.
LED oranye menunjukkan Anda telah memilih tingkat 14 jam dan LED merah menunjukkan Anda telah memilih tingkat 5 jam.

PENGISIAN

Selama pengisian, tidak ada gas yang dihasilkan. Namun selama bagian akhir dari muatan-siklus, selama overcharge dan selama debit berat, gas hidrogen dan oksigen yang dihasilkan serta asap elektrolit. Gas-gas ini biasanya dapat bereaksi satu sama lain dan tidak meningkatkan tekanan di dalam sel namun jika mereka diproduksi pada tingkat yang cepat, kondisi ekuilibrium ini tidak dapat dipertahankan dan tekanan di dalam sel membangun.
Sebuah katup rilis tekanan dibangun ke dalam sel tetapi setiap gas yang lolos akan mencakup beberapa elektrolit dalam asap dan sel akhirnya akan mengering. Untuk alasan ini, penting untuk membatasi siklus pengisian.

BERADAPTASI THE CHARGER

charger dapat disesuaikan untuk mengisi AA, C, atau sel D atau kombinasi dari ini dengan memodifikasi sirkuit sedikit atau dengan menambahkan bagian tambahan konstan-saat seperti yang ditunjukkan di sirkuit diagram di bawah.

lm317 nicd battery charger circuit, nimh and nicd battery charger circuit, nimh battery charging circuit schematic, simple nicd battery charger circuit, solar nicd battery charger circuit, smart nicd battery charger circuit, 12 volt nicad battery charger circuit, 18 volt nicad battery charger circuit, 7.2 v nimh battery charger circuit, 1.2 v nimh battery charger circuit,

Ia bahkan akan menagih 1.2AHr atau 1.9AHr Gel sel dari jenis 12v seperti yang digunakan dalam sistem alarm, hanya dengan memastikan tegangan rel di atas 18V, (tetapi tidak lebih dari 22V) untuk memperhitungkan 3v minimum drop tegangan di seluruh BD 679 transistor.
Jika Anda ingin mengisi hanya C atau D sel, sirkuit dapat dimodifikasi dengan mengubah resistor saat-menentukan R1 dan R2 sebagai berikut:

sel C
sel D
Tingkat 14Hr
(R1)
4R7
2R2
Tingkat 5 jam
 (R2)
2R7
1R0
Resistor saat-menentukan untuk "C" dan "D" sel

Watt dari resistor pada tabel di atas harus diperhitungkan karena arus tinggi yang akan mengalir melalui mereka Tabel berikut menunjukkan Anda bagaimana untuk "make-up" resistor:


4R7 = dua 10R resistor secara paralel
2R2 = 4 x 10R
resistor secara paralel
2R7 = Empat 10R  resistor secara paralel
1R = dua 2R2 10R resistor secara paralel




Jika Anda ingin mengisi sel AA, C dan D, Anda dapat menambahkan sirkuit tambahan yang terdiri dari bagian konstan-saat yang ditunjukkan di atas untuk memenuhi sel C dan D.
Untuk mengisi sel-sel ini, BD 679 transistor akan harus panas-sinked dengan yang lebih besar pendingin daripada yang disediakan dalam kit dan paket steker harus ditingkatkan.

Untuk sel C, tingkat 14 jam 150mA dan tingkat 5 jam 300mA. Untuk sel D, tingkat 14 jam 350mA dan 700mA untuk tingkat 5 jam.

Kebanyakan paket steker memiliki peraturan yang sangat miskin dan tegangan output akan turun jauh saat saat penuh disampaikan. Anda akan membutuhkan paket 500mA steker untuk memberikan 350mA dan paket 1amp steker untuk memberikan 700mA. Jika tidak plug pack 300mA atau 400mA akan cukup untuk versi AA.
Atau Anda dapat mengisi sel C dan D dengan sirkuit asli dengan memberikan sel-sel ini dua atau tiga biaya-siklus sebagai menunjukkan pada tabel berikut:

CHARGING:
Tingkat 5 Jam:
sel C
2 waktu siklus
sel D
5 waktu siklus

Ketika memilih paket steker, Anda harus berhati-hati untuk tidak menyediakan sirkuit dengan lebih dari 15V AC karena hal ini menjadi 22V DC ketika diperbaiki dan akan membuat kehilangan panas tambahan di transistor.


9v nimh battery charger circuit diagram, 18v nicd battery charger circuit diagram, automatic nicd battery charger circuit diagram, simple nimh battery charger circuit diagram, aa nimh battery charger circuit diagram, circuit for nicd battery charger,

PCB, menunjukkan overlay dan pekerjaan track

12v nicd battery charger circuit, 18v nicd battery charger circuit, 14.4v nicd battery charger circuit, 2.4v nicd battery charger circuit, 3.6v nicd battery charger circuit, 6v nicd battery charger circuit, 6 cell nimh battery charger circuit, 7.2v nicd battery charger circuit, 9v nicd battery charger circuit, 9.6v nicd battery charger circuit, 9 volt nimh battery charger circuit,

Otomatis kit AA Nicad Charger, menunjukkan semua komponen


 PARTS LIST

1 - 8R2
1 - 18R
1 - 470R
1 - 1 k
1 - 4k7
5 - 10k
1 - 1M2
2 - 3M3
3 - 100N kapasitor monoblock
1 - 100u 25v PC me-mount electrolytic
1 - 1N 4148 dioda
6 - 1N 4004 dioda daya
1 - 12v zener diode 400mW
1 - BC 547 transistor
1 - BC 557 transistor
1 - BD 679 transistor
1-4541 IC
1 - 14 pin IC socket
1 - 3 mm jeruk LED
1 - 3mm LED merah
1 - green 5mm LED
1 - baterai sekejap
1 - DPDT slide-saklar
1 - 10cm kaleng kawat tembaga
1 - Auto Nicad Charger papan PC

ekstra:

1 - Plug pack 
1-2 sel atau 4 AA sel dudukan baterai
1 - 12R (untuk pengisian 1.2AHr sel)
1 - geser saklar
1 - 3cm x 5cm pendingin
1 - 12mm baut mur untuk pendingin

KONSTRUKSI

Semua komponen sesuai pada papan PC ditampilkan pada halaman sebelumnya dengan logam kecil pendingin dipasang ke transistor.
Berhati-hati dengan orientasi dioda, LED transistor dan elektrolit. Tidak mendapatkan SM 547 dan BC 557 bercampur dan dicatat; bahwa BD 679 memiliki wajah logam bawah dan menulis up.

Cocok untuk semua sisa komponen, mengingat agar sesuai dengan soket IC sehingga cut-out di salah satu ujung menunjukkan pin 1. Fit chip dan papan selesai.

Solder memimpin dari paket steker ke terminal input AC dan menghubungkan snap baterai ke terminal output untuk mengambil dudukan baterai 4-cell.

Yang perlu Anda lakukan adalah plug in paket plug. The 5HR atau 14Hr LED akan datang dan biaya LED akan datang pada saat sel-sel yang dipasang ke dudukan.
Tetap menonton biaya LED. Ini akan keluar setelah masa 5 atau 14 jam dan sel-sel Anda siap untuk digunakan.

PENGUJIAN

Hapus satu sel dari pemegang baterai dan mengukur keberadaan saat ini dikirim ke tiga sel lainnya. Ini harus sekitar 45mA untuk tingkat 14 jam atau 90mA untuk tingkat 5HR.
Jika Anda memiliki saklar dan 12R dipasang untuk kinerja tinggi sel 1.2AHr AA, saat ini 14Hr akan menjadi sekitar 90mA.

Anda dapat mengisi hingga 8 sel secara seri pada satu waktu namun Anda harus ingat bahwa untuk melakukan ini Anda perlu 17V - 18V pada rel pasokan. Hal yang sama berlaku untuk 12v sel gel.
Cara terbaik adalah untuk menjaga semuanya sederhana dengan pengisian satu set sel pada satu waktu dan menggunakan dua atau lebih banyak waktu-siklus untuk mengisi sel-sel yang lebih besar. Dengan cara ini Anda tidak akan membebani charger kecil kami. 

Artikel ini hasil terjemahan dari http://www.talkingelectronics.com/projects/AutoAACharger/AutoAACharger.html. Jika tata bahasa yang digunakan dalam artikel ini tidak pas mohon kunjungi langsung dari situs sumber yang telah saya sebutkan diatas.

SEMUA ISI  ADALAH  HASIL KUMPULAN PENCARIAN DAN BEBERAPA SUMBER MEDIA BUKU MAJALAH DLL, KAMI TIDAK BERTANGGUNG JAWAB ATAS KEGAGALAN YANG DISEBABKAN OLEH GAMBAR YANG DIMUAT DI BLOG INI.