POMPA AIR OTOMATIS -->

Translate

POMPA AIR OTOMATIS



Prinsip kerja alat ini merupakan bakal melakukan proses pengaktifan dan penonaktifan keluaran pompa air yang berjumlah 3 titik. Prosesnya yaitu dengan petunjuk menyimpan waktu aktif dan waktu tak aktif masing – masing pompa air ke dalam RAM internal IC pewaktu RTC. IC pewaktu ini dipakai untuk menghasilkan perubahan waktu yang akurat, apabila ingin membikin sendiri sistem pewaktu menggunakan_dengan mikrokontroler sebetulnya bisa dilakukan. Bakal tetapi timer yang dihasilkan bakal berkurang akurasinya, itu dikarenakan sistem pewaktu mikrokontroler bakal terpengaruh oleh subrutin – subrutin bagai delay (waktu tunda) dan pemanggilan ke subrutin lainnya bagai menampilkan data ke LCD dan proses scanning tombol (push button) ataupun pada waktu pengaktifan pompa air. Oleh itu dikarenakan itu pada alat ini memerlukan IC pewaktu yang bakal bekerja sendiri sehabis kualitas waktu diatur melewati program, dan otomatis data waktunya bakal terperbaharui sesuai standar pewaktu.

Mikrokontroler AT89S52 dipakai untuk mengambil data pada RTC dengan petunjuk bagai mengakses memori eksternal, variable waktu jam, menit, dan yang lainnya telah otomatis tersimpan pada alamat RAM RTC DS12C887. Kualitas ini bisa sewaktu – waktu diambil oleh mikrokontroler, pasti saja mengambilnya dengan-cara bergantian pada setiap alamat RAM internal RTC dan pada alamat RAM berikutnya. Setiap 1 byte RAM internal RTC mewakili satu waktu, misal jam memerlukan 1 byte, menit 1 byte, dan detik 1 byte.

Memori RTC yang dipakai untuk menyimpan waktu standar tak tidak sedikit yaitu 15 byte untuk sistem pewaktu dan kontrol register, namun kenyataannya sisanya yaitu 113 byte bisa dipakai dengan-cara bebas. Sisa ruang memori berikut yang dipakai untuk menyimpan data waktu aktif dan non aktif ke-tiga pompa air.

Data waktu ini disimpan pada RTC supaya tak hilang meskipun catu daya dimatikan itu dikarenakan di dalam IC RTC ini tersedia baterai yang menurut datasheet baterai tersebut bisa bersi kukuh hinggajangka waktu 10 tahun. Apabila data waktu aktif dan non aktif pompa disimpan pada RAM internal mikrokontroler, maka pada waktu catu daya dimatikan isi kualitas RAM internal mikrokontroler bakal random jadi data waktunya tak akurat.
Mikrokontroler juga yang membaca pada waktu scanning 4 buah tombol masukan yang dibutuhkan pada waktu pengaturan jam kalender, dan pada pengaturan waktu aktif dan non aktif pompa air.

Proses scanning tombol ini bakal dilakukan dengan-cara bergantian dari 4 buah tombol masukan, namun prosesnya scanning amatlah cepat sekali yaitu berkisar 1 – 2 µs pada tiap tombolnya jadi mikrokontroler bisa dengan cepat pula membedakan tombol mana yang lebih dahulu ditekan. Petunjuk membedakan tombol yang ditekan yaitu mendeteksi port tombol yang berlogika ‘0’, namun kenyataannya yang tak ditekan bakal berlogika ‘1’. Keluaran port mikrokontroler dipakai juga untuk mengaktifkan / menonaktifkan 3 buah pompa air, port yang dipakai berjumlah 3 buah.

Port mikrokontroler ini tak bisa langsung mengendalikan relai yang memerlukan catu daya 12 volt dan arus berkisar 35 mA, jadi dipakai IC ULN2003 yang dihubungkan ke keluaran mikrokontroler. Menurut datasheet IC ULN2003 bisa bekerja maksimal hinggategangan 50 volt, namun kenyataannya penyerapan arus pada setiap keluarannya mencapai 500 mA. IC ini dikontrol melewati kaki masukannya, dan standar pengontrolannya yaitu 5 volt TTL jadi bisa langsung dihubungkan dengan port mikrokontroler yang juga berstandar TTL 5 volt. Namun kenyataannya untuk sistem penampil LCD menggunakan_dengan LCD tipe LMB162AFC yang mempunyai 2 baris dan setiap barisnya bisa menampilkan 16 karakter bisa juga tak jarang disebut LCD 2 x 16. Pengambilan data melewati port mikrokontroler menggunakan_dengan sistem data 8 bit, dan memerlukan 2 buah port tambahan untuk kontrol enable dan register select LCD jadi keseluruhan port untuk mengendalikan LCD merupakan 10 port.

Berikut ini merupakan hasil perancangan sistem Pewaktu Pompa Air Otomatis Berbasis Mikrokontroler AT89S52 yang bisa dilihat pada Foto 4.1.

Lanjutkan ...

SEMUA ISI  ADALAH  HASIL KUMPULAN PENCARIAN DAN BEBERAPA SUMBER MEDIA BUKU MAJALAH DLL, KAMI TIDAK BERTANGGUNG JAWAB ATAS KEGAGALAN YANG DISEBABKAN OLEH GAMBAR YANG DIMUAT DI BLOG INI.