Rangkaian Power Supply Dengan Arus Besar (High Current) -->

Translate

Rangkaian Power Supply Dengan Arus Besar (High Current)

Rangkaian Power Supply Dengan Arus Besar (High Current) skemarangkaianpcb.com › Power Supply Translate this page Sep 27, 2012 - Rangkaian power supply dengan arus besar dapat dibuat dengan menggunakan transistor power dengan kemampuan mengalirkan arus yang ... Rangkaian Power Supply - Zona Elektro zonaelektro.net › Rangkaian ELektronika › Rangkaian Power Supply Translate this page Oct 20, 2014 - Rangkaian power supply adalah bagian dari sistem atau perangkat ... dapat direproduksi power supply dengan kapasitas arus yang besar dan ... Cara membuat powersupply 12Vdc kuat arus 35A | Orbit's blog yogiprasetyo07.blogspot.com › Pendidikan Translate this page Sumber: http://elektronika-dasar.web.id/rangkaian/power-supply/power-supply-12v-35a/. Power supply 12 volt 35 ampere pada gambar rangkaian dibawah ... Membuat Power Supply 12VDC 10 Ampere - Pasang Kabel pasangkabelnya.blogspot.com › Elektronika Translate this page Cara membuat power supply arus 10 Ampere dengan menggunakan ... rangkaian diatas menjadi power supply dengan arus yang lebih besar (anggap saja ...

Daftar Komponen Rangkaian Power Supply Dengan Arus Besar (High Current)

R1 = 680
C1 = 10000 uF/50V
C2,C3 = 1000 uF/50V
C4 = 100nF
C5 = 100 nF
D1 = Dioda Zener
Q1 = 2N3055
BR1 = Dioda Bridge

Pada gambar rangkaian power supply diatas, regulator tegangan yang digunakan adalah sebuah dioda zenner dan penguat arus yang digunakan adalah transistor. Secara garis besar fungsi komponen – komponen pada rangkaian power supply dengan arus besar pada gambar diatas adalah sebagai berikut.
  • Transformer (T1), berfungsi sebagai penurun tegangan dengan kapasitas arus yang besar.
  • Dioda bridge (BR1) dan kapasitor (C1 dan C2) berfungsi sebagai rangkaian penyearah tegangan AC dari transformer. Nilai dioda bridge ini harus lebih besar dari transformer yang digunakan.
  • Resistor (R1) dan dioda zener (D1) berfungsi sebagai regulator tegangan, resistor R1 berfungsi untuk pembatas arus pada dioda zener sekaligus sebagai pemberi bias basis transistor Q1 sedangankan dioda zener sebagai pembatas tegangan basis agar tetap pada level tertentu sesuai dengan dioda zener yang digunakan.

Transistor Q1, berfungsi sebagai penguat arus dengan tegangan yang ditentukan oleh dioda zener. untuk meningkatkan kapasitas arus power supply dapat dilkukan dengan menambahkan transistor secara parallel dengan transistor Q1. Transistor Q1 ini membutuhkan pendingi (heatsink) untuk membuang panas yang dihasilkan pada saat rangkaian power supply digunakan.

SEMUA ISI  ADALAH  HASIL KUMPULAN PENCARIAN DAN BEBERAPA SUMBER MEDIA BUKU MAJALAH DLL, KAMI TIDAK BERTANGGUNG JAWAB ATAS KEGAGALAN YANG DISEBABKAN OLEH GAMBAR YANG DIMUAT DI BLOG INI.